July 7, 2015

Gamophobia Fobia atau Rasa Takut Akan Pernikahan.

Dalam keadaan normal setiap orang memiliki kemampuan mengendalikan rasa takut. Akan tetapi bila seseorang terpapar terus menerus dengan subjek Fobia, hal tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya fiksasi.


Fiksasi adalah suatu keadaan dimana mental seseorang menjadi terkunci, yang disebabkan oleh ketidak-mampuan orang yang bersangkutan dalam mengendalikan perasaan takutnya. Penyebab lain terjadinya fiksasi dapat pula disebabkan oleh suatu keadaan yang sangat ekstrem seperti trauma bom, terjebak lift dan sebagainya
Gamophobia (dibaca ‘ga-me-PHO-bia’, bersal dari bahasa Yunani ‘gamo’ berarti ‘pernikahan) adalah rasa takut untuk menikah, berada dalam suatu hubungan asmara, atau komitmen. Lawan dari ‘gamophobia’ adalah ‘anuptophobia’ yaitu takut menjadi jomblo atau hidup menjomblo. Orang yang memiliki gamophobia bisa menyukai atau mencintai seseorang, tapi ketika dia mengetahui bahwa orang yang mereka sukai juga menyukai mereka dan mencoba menjalin hubungan ada kemungkinan rasa suka yang dimilki berubah menjadi rasa benci.
Menariknya , beberapa yang memiliki ketakutan ini sebenarnya ingin menikah, tapi rasa takut mereka mencegah mereka mewujudkan keinginan mereka. Bahkan keinginan mereka seringkali menjadi pemicu rasa takut dalam diri mereka sendiri.


Penyebab Gamophobia
Salah satu sumber dari rasa takut akan pernikahan adalah pengamatan pribadi. Benar, individu bisa mengamati dari pernikahan orang tua individu. Contoh pengamatan buruk dari pernikahan bisa seperti banyaknya pertengkaran dan caci maki. Pengamat biasanya akan mulai mengalami rasa takut dengan mengatakan hal sederhana. Jika menikah itu seperti ini, aku tidak mau terlibat pernikahan.

Pernyataan itu nantinya akan menjadi suatu obsesi. Ketika pemikiran itu mulai memangsa, rasa tidak suka akan aspek negatif pernikahan dapat beubah menjadi sesuatu yang mensugesti bahwa pernikahan itu buruk, dan semakin anda ingin menikmati pernikahan, semakin banyak pula hal yang nanti tidak berjalan dengan baik. Pada saat itu rasa takut anda sangat dekat dengan phobia.
Pemicu dari rasa takut akan pernikahan juga bisa dikarenakan karena ketakutan akan lawan jenis, bentuk tubuh yag tidak bagus, ketakutan akan telanjang, ketakutan berhubungan badan atau ketidakmampuan dalam menyalurkan perasaan. Sementara emosi megatakan pada individu bahwa pernikahan bisa menjadi sesuatu yang bagus, reaksi rasa takut mengatakan bahwa pernikahan adalah sesuatu yang harus dihindari bagaimanapun caranya. Konflik diantara keduanya menyebabkan masalah besar bagi penderita phobia


Cara Mengatasi Gamphobia
Peran rasa takut adalah untuk membantu memelihara kehidupan, dan peran dari pernikahan adalah seringkali untuk merayakan dan menciptakan kehidupan. Mengumpulkan pemahaman yang sehat mengenai pernikahan bisa membantu dalam menurunkan rasa takut yang dialami para penderita gamophobia.
Dengan mengunjungi therapist anda bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan mengapa anda bergumul dengan rasa takut itu. Rasa takut itu sendiri pasti mempunyai sejarah dan seringkali membutuhkan therapist yang hebat untuk mengungkap cerita dan membuat anda bisa melihat bagaimana dan/atau mengapa anda bisa percaya sesuatu yang sebenarnya hanya merupakan kemungkinan besar dari gambaran yang salah yang anda lihat mengenai bagaimana penikahan itu seharusnya.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai