July 18, 2015

Danau Gunung Terbesar Dunia

Danau  terbesar di dunia, dengan ukuran panjang sekitar 100 kilometer, lebar 30 kilometer dan kedalaman sampai 505 meter terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. 

Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia, Asia Tenggara, merupakan Danau Kawah Vulkanik Terbesar di Dunia.Kawah dari danau ini terbentuk dari Letusan Gunung Berapi.


Penyebaran debu gunung berapi itu sangat luas, ditemukan hampir di seluruh dunia. Diperkirakan berasal dari sebuah erupsi super vulkanik purba, Gunung Toba ditemukan bukti bentuk molekul debu vulkanik yang sama di sekitar 2100 titik. Bahkan yang cukup mengejutkan, ternyata penyebaran debu itu sampai tercatat hingga Kutub Utara. Hal ini mengingatkan para ahli, betapa dahsyatnya letusan super gunung berapi Toba. Setelah letusan tersebut terbentuklah kaldera (kawah) yang kemudian terisi oleh air dan yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba.
Danau Toba situs dari letusan supervulkanik dengan estimasi letusan tingkat tinggi VEI 8 yang terjadi sekitar antara 69.000 sampai 77.000 tahun yang lalu. Volume Letusan Supervulkanik Gunung Toba lebih dari 1.000.000 m kubik.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai