April 27, 2016

Budak Yang Sukses Di Eranya

Sejarah dunia memiliki riwayat kelam di masa lalu, perbudakan terhadap ras yang dianggap lebih rendah merupakan praktik yang umum ditemui. 


Butuh perjuangan yang sangat panjang hingga praktik perbudakan bisa dihentikan. Bahkan setelah undang-undang internasional yang melarang perbudakan diresmikan, masih banyak negara yang tetap menjalankan praktik ilegal.



Di antara para budak yang namanya tercatat dalam sejarah, 6 wanita ini termasuk segelintir di antaranya. Ada yang berhasil lepas dari perbudakan dan menjadi tokoh besar


1 Santa Batildis.

Balthild atau dikenal juga sebagai Santa Batildis dari Ascania adalah seorang santo yang hidup di Prancis pada abad 7. Batildis adalah seorang budak sebelum menjadi permaisuri Raja Clovis II, raja Burgundy dan Neustria.

Batildis sebenarnya memiliki darah bangsawan. Namun dia dijual sebagai budak sejak remaja. Dia sempat bekerja untuk Erchinoald, kepala istana Neustria. Erchinoald sempat berniat untuk memperistri Batildis.

2 Chica da Silva.

Perempuan berdarah campuran kulit hitam dan putih ini memiliki nama asli Francisca da Silva de Oliveira. Namun warga Brasil mengenalnya dengan namana Chica da Silva atau Xica da Silva.

Chica diingat karena kesuksesannya meniti tangga sosial hingga bersanding dengan kaum kulit putih, meskipun dia sendiri dilahirkan sebagai seorang budak. Chica telah berganti-ganti tuan sebelum diperistri Joao Fernandes da Oliveira, seorang pengusaha tambang berlian berkulit putih.

Bagi warga Brasil, kisah hidup Chica merupakan simbol dari 'demokrasi rasial'. Hubungan Chica dan de Oliviera menjadi skandal sosial, karena terjadi pada masa ketika kesetaraan antara kaum kulit putih dan kulit berawrna belum dikenal.

3 Choe Suk-bin.

Choe Suk-bin, salah satu selir paling berpengaruh Raja Sukjong juga termasuk salah satu budak wanita yang berhasil meniti tangga sosial. Meskipun keberhasilannya menjadi istri raja berawal dari keberuntungan, Choe terlibat dalam pergolakan politik sengit di istana dan berhasil keluar sebagai pemenang.

Tak banyak fakta sejarah mengenai Choe Suk-bin yang berhasil diungkap. Sejarah hanya menyebutkan dirinya terlahir dalam keuarga dari kasta cheonmin, strata sosial terendah pada masa Dinasti Joseon. Versi cerita yang paling populer menyebutkan kalau Choe adalah musuri, budak yang bertugas menyiapkan air di istana.

4 Maria.

Dia adalah seorang pemimpin pemberontakan terhadap tuan tanah Belanda. Maria merupakan salah satu budak wanita Curacao yang bekerja sebagai juru masak di perkebunan St. Maria.
Maria  mengajak sejumlah budak Afrika untuk memberontak kepada pemilik perkebunan yang dikelola oleh Geoctroyeerde Westindische Compagnie itu. Pada tanggal 15 September 1716, pecahlah pemberontakan yang menewaskan sejumlah orang kulit putih.

5 Kosem Sultan.

Dia dibawa dari Yunani ke Bosnia sebagai budak. Setelah memasuki harem Sultan Ahmed I, dia berpindah keyakinan menjadi Islam dan segera menjadi selir kesayangan sultan.

Menurut Famous Ottoman Women, Kosem Sultan memerintah di balik tirai dengan jabatan haseki sultan setelah suaminya meninggal dunia. Kekuasannya berlanjut dan semakin besar ketika dirinya bertahta sebagai valide sultan mewakili putranya, Murad IV dan Ibrahim. Dia juga menjadi penguasa di balik bayangan untuk cucunya, Mehmed IV yang masih di bawah umur.

6 Al-Khayzuran binti Atta.

Al-Khayzuran binti Atta adalah ratu dari Khalifah Al-Mahdi dari Dinasti Abbasiyah. Dia juga ibu dari Harun al-Rasyid, raja terbesar dalam sejarah Abbasiyah.

Menurut Saudi Aramco World, Al-Khayzuran berasal dari Jorash, Arab Saudi. Dia diculik oleh seorang Badui dan dijual di sebuah pasar budak. Al-Khayzuran dibeli sebagai pelayan untuk Al-Mahdi, namun dalam waktu singkat dia sudah menduduki posisi sebagai salah satu selir sang raja.

Al-Khayzuran dikenal sebagai wanita yang cerdas dan memiliki ambisi besar. Dia berhasil meyakinkan sang suami untuk menjadikan putranya sebagai pewaris tahta. Tak banyak bukti sejarah yang menyebutkan pencapaian Al-Khayzuran di bidang politik.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai