July 12, 2015

Ranu Kumbolo Lumajang Jawa Timur

Indonesia mempunyai banyak sekali gunung berapi, baik yang masih aktif maupun yang sudah mati. Salah satu gunung yang cukup terkenal yaitu Gunung Semeru.

Gunung ini termasuk gunung berapi yang masih aktif. Letak Gunung Semeru berada di 2 kabupaten yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Gunung yang mempunyai ketinggian sekitar 3.676 meter di atas permukaan laut (MDPL) ini merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa.
Gunung semeru mempunyai puncak yang disebut Mahameru. Terdapat sebuah kawah di puncak ini yang dikenal orang dengan nama Jonggring Saloko. Puncak gunung bisa dilihat dari kejauhan yang menandakan bahwa gunung ini cukup tinggi. Keadaan ini membuat keindahan Gunung Semeru bisa dilinmati dari kejauhan. Pemandangan dari kejauhan ini akan lebih terlihat sehabis turun hujan dimana tidak ada awan yang menutupi gunung.
Di kaki gunung terdapat hutan yang masih terjaga keasriannya yang membuat udara disana begitu segar. Pohon cemara, akasia dan pinus yang tinggi menjulang akan menyambut kedatangan anda. Pohon-pohon ini merupakan tanaman yang mendominasi di hutan sekitar Gunung Semeru.

Ranu Kumbolo merupakan sebuah tempat di Gunung semeru yang menjadi primadona bagi sebagian besar pendaki. Jangankan bagi yang baru pertama kali datang ke Semeru, yang sudah berulang kali pun tidak akan bosan melihat keindahan yang disuguhkan di gunung ini. Ranu Kumbolo seperti sebuah magnet yang bisa menarik orang untuk datang ke Semeru. Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang dikelilingi oleh bukit yang disertai dengan pepohonan cemara dan pinus yang banyak terdapat disana.Tempat ini terletak di Pegunungan Tengger, kaki Gunung Semeru.

Tempat ini juga merupakan titik awal untuk melakukan pendakian ke Mahameru yang merupakan puncak Gunung Semeru. Pemandangan matahari terbit merupakan suatu keindahan yang sangat ditunggu-tunggu para pendaki setelah semalaman beristirahat di tepian Ranu Kumbolo. Selain keindahannya, tempat ini menjadi sumber air bersih bagi para pendaki, mata air disini tidak pernah surut walau di musim kemarau sekalipun.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai