May 11, 2016

Bahaya Es Teh

Bagaimana tidak, minuman manis dan dingin yang satu ini bisa jadi obat haus paling manjur.


Selain sebagai pelepas dahaga atau sebagai teman saat makan, minuman nikmat yang satu ini ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.Mari simak bersama apa saja sih bahaya es teh manis.


Bahaya yang Akan Terjadi Jika Sering Minum Es Teh Manis


Es teh manis merupakan minuman favorit paling populer bagi masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, minuman manis dan dingin yang satu ini bisa jadi obat haus paling manjur. Seandainya ada pemilihan minuman nasional, pasti es teh manis keluar sebagai juaranya.

Selain sebagai pelepas dahaga atau pun sebagai teman saat makan, minuman nikmat yang satu ini ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mari simak bersama apa saja sih bahaya es teh manis.

Menyebabkan Penyakit Batu Ginjal.

Menurut dr. Lee Hammontree dari the Urology Centers of Alabama, mengonsumsi terlalu banyak teh dapat meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal. Faktanya sepuluh persen pasien penyakit batu ginjal memiliki riwayat secara rutin mengonsumsi teh.

Teh mengandung oxalate yang cukup tinggi yang menyebabkan terjadinya batu ginjal. Oxalate merupakan konsentrasi yang bisa ditemukan di dalam batu ginjal. Kandungan ini merupakan makanan pantrangan bagi penderita penyakit ginjal.


Dapat Membuat Dehidrasi.

Kandungan kafein di dalam es teh memang tidak sebanyak pada kopi atau soda, tetapi bahaya es teh manis yang dikonsumsi setiap hari bisa membuat kafein menumpuk di dalam tubuh. Efek kafein inilah yang bisa menyebabkan sering merasa haus.

Menyebabkan Diabetes.

Bahaya es teh dengan pemanis bisa menyebabkan terganggunya kesehatan. Gula di dalam es teh bisa menyebabkan gula di dalam darah naik. Dalam beberapa kondisi, hal tersebut bisa menjadi penyebab penyakit diabetes.

Menyebabkan Gagal Ginjal.

Teh mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu nutrisinya adalah oxalate. Oxalate ini bisa juga bisa ditemukan dalam bahan makanan sehat lainnya seperti bayam, atau makanan lainnya seperti coklat.

Jika mengonsumsi teh yang ada kandungan oxalate dalam kadar yang normal,oxalate ini bisa menyerap konsentrasi kalsium yang sangat tinggi dan dapat mengikat kalsium di dalam tubuh.


Menyebabkan Kekurangan Zat Besi.

Minuman yang mengandung zat besi memang penting bagi tubuh kita. Teh di dalam es teh ini mengandung tanin yang bisa menyerap zat besi. Kandungan tannin yang tinggi inilah yang bisa membuat zat besi dari sayuran terserap dalam jumlah yang banyak dan menyebabkan tubuh akhirnya kekurangan zat besi.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai